Selasa, 27 Agustus 2013

Pembinaan Pengurus Kepada Jama'ah dan Remaja Masjid

Sebaiknya jama’ah harus dikelompokkan agar mempermudah pengurus masjid dalam membinanya. Adapun klasifikasi jama’ah secara umum, yaitu:


a) Jamaah Inti, yaitu Pengurus Masjid yang merupakan tenaga penggerak dalam pemakmuran masjid.

b) Jamaah Utama, yakni Jamaah tetap yang menjadi Pendukung utama pemakmuran masjid. Masjid yang memiliki data tentang jamaah utama. (Jamaah iniah yang menjadi garapan utama pembinaan dari pengurus masjid.).
c) Jamaah Umum adalah kaum muslimin pada umumnya yang ikut serta beribadah dan memakmurkan masjid. 


Dalam subuah masjid sangat diperlukan organisasi remaja masjid karena remaja masjid adalah organisasi Underbouw ta’mir masjid yang mengorganisir kegiatan mamakmurkan masjid oleh para remaja muslim. Remaja masjid juga diperlukan karena sebagai alat mencapai tujuan dakwah dan wadah bagi remaja muslim dalam beraktivitas di masjid. 


Di zaman sekarang ini, diperlukannya penerapan asas-asas organisasi dalam membina remaja masjid. Dalam penerapan asas-asas organisasi untuk remaja masjid diperlukan sikap kritis, sehingga prinsip-prinsip organisasi yang diterapkan dapat dinafasi oleh nilai-nilai Islam, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Adapun asas-asas organisasi yang bisa diterapkan, yaitu:

1) Perumusan tujuan yang jelas.
2) Departementasi.
3) Pembagian kerja.
4) Koordinasi.
5) Pelimpahan wewenang.
6) Rentang kendali.
7) Jenjang organisasi.
8) Kesatuan perintah.
9) Fleksibilitas.
10) Keberlangsungan.
11) Keseimbangan.
12) Kepemimpinan.
13) Pengambilan keputusan.

Selain asas-asas organisasi, sebuah organisasi remaja masjid juga harus menerapkan asas-asas manajemen agar mendukung terealisasinya tujuan. Adapun asas-asas manajemen tersebut sebagai berikut:
1) Planning, yaitu proses pemikiran dan pengaturan yang matang untuk masa akan datang dengan menentukan kegiatan-kegiatannya.
2) Organizing merupakan pengaturan segala perangkat dan sumber daya sedemikian rupa sehingga merupakan satu kesatuan organisasi yang harmonis dan dikelola untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3) Actuating bermakna sebagai tindakan pengurus dan anggota dalam rangkaian kegiatan untuk menjalankan roda organisasi remaja masjid dalam rangka mencapai tujuan.
4) Controlling merupakan tindakan mengawasi, mengarahkan dan mengatur pelaksanaan kegiatan remaja masjid agar sesuai dengan program dan tujuan yang telah ditetapkan.


Dengan diterapkan asas-asas organisasi dan asas-asas manajemen dalam sebuah organisasi remaja masjid, maka akan memberikan warna tersendiri dalam organisai tersebut, yakni organisasi yang modern dan bernafaskan Islami.


Sumber: Banyak Membaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...