Selasa, 27 Agustus 2013

Administrasi, Organisasi dan Manajemen Masjid (Idarah Masjid)

1. Pengertian
Administrasi berasal dari bahasa Belanda, “Administratie” yang    merupakan   pengertian Administrasi dalam arti sempit, yaitu sebagai kegiatan tata usaha kantor, yaitu catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya. (FX.Soedjadi, 1989).



Administrasi dalam arti luas, berasal dari bahasa Inggris “Administration” , yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan. (S.P. Siagian, 1973). Berdasarkan hal tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa administrasi masjid ialah proses penyelenggaraan semua kegiatan masjid yang dilakukan bersama-sama oleh pengurus masjid untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 



Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Struktur organisasi pada umumnya kemudian digambarkan dalam suatu bagan yang disebut bagan organisasi. Bagan organisasi adalah suatu gambar struktur organisasi yang formal, dimana dalam gambar tersebut ada garis-garis (instruksi dan koordinasi) yang menunjukkan kewenangan dan hubungan.

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. 

2. Hubungan Administrasi, Organisasi dan Manajemen
Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa sesungguhnya administrasi dan manajemen adalah sama, hanya saja istilah administrasi digunakan pada badan/organisasi pemerintah, sedangkan istilah manajemen dipergunakan untuk organisasi swasta. Administrator sama artinya dengan manajer, tetapi organisasi untuk pemerintah. Hal ini dapat dilihat pada penggunaan istilah manajer untuk perusahaan swasta yaitu diantaranya manajer pemasaran, manajer pembelian dan lain-lain. Serta kepala bagian administrasi keuangan, kepala bagian administrasi kepegawaian dan lain-lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa hubungan antara administrasi organisasi dan manajemen adalah sebagai berikut :
1) Kepemimpinan merupakan arti dari manajemen.
2) Melalui manajemen semua kegiatan di koordinir dan diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.
3) Administrasi merupakan suatu kegiatan pelayanan, termasuk di dalam kegiatan administrasi adalah kegiatan pengelolaan atau manajemen administrasi dapat dilaksanakan di dalam atau diluar organisasi (formal).
4) Organisasi (formal) merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan administrasi.

Sumber: Banyak Membaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...